09 February, 2014

Selalu Sayang Ibu dan Ayah

Seperti biasa, pukul empat pagi aku sudah bangun untuk bersenam pagi bersama orang tuaku. Dari kecil orang tuaku selalu mengajariku untuk hidup sehat. Aku langsung membereskan tempat tidurku dan bergegas mandi.
                Ibuku berteriak dari bawah, “Riana, cepetan mandinya, ibu dan ayah sudah siap untuk senam”.
                Aku segera mempercepat mandiku, memakai kaos, dan bergegas turun. Kami segera memulai senam pagi. Senam dapat membuat kami selalu sehat.
                Serelah sarapan pagi, aku berpamitan kepada orang tuaku untuk berangkat ke sekolah. Aku bersepeda kesana.
                “Selamat pagi, Riana,” kata Santi sahabat karibku.
                “Selamat pagi juga,” kataku.
                Kami berdua segera masuk ke dalam kelas. Di sana ternyata beberapa orang temanku sudah datang.
                Bel tanda masuk sekolah berbunyi. Aku segera masuk dan bersiap untuk mendengarkan penjelasan dari guru. Tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul dua siang. Bel tanda pulang sudah berbunyi. Aku pulang bersama teman-temanku.
                Sampai di rumah, aku menaruh sepedaku. Aku berteriak,”Ibu, ayah, aku pulang”.
                “Iya, iya” jawab ayah dan ibu.
                “Ibu, ayah,kenapa banyak koper di sini?” tanyaku.
                Dengan wajah sedih sambil mengelus kepalaku ibu menjawab, “Na, maafkan kami. Ibu dan ayah dipindahkan kerja di Singapura. Kami akan kembali setahun lagi.”
                “Ha…? Lama sekali, jadi aku di tinggal sendirian di sini? Aku tidak mau,” kataku.
                Ayahku menjawab dengan tenang, “Na, kamu akan di asuh oleh teman ayah, Tante Flora. Dia baik kok. Segera bereskan barang-barangmu ya. Ayah akan mengantarmu kerumah Tante Flora. Selama Ibu dan Ayah pergi kamu akan di antar Tante Flora ke sekolah.”
                “Tidak mau!” Aku berteriak meluapkan kekesalanku. Aku segera berlari menuju kamarku dan terpaksa membereskan baju-baju dan barangku lainnya. Setelah selesai aku langsung di antar ayah ke rumah Tante Flora.
                “Selama ini aku belum pernah bertemu Tante Flora. Semoga saja dia orangnya baik,” kataku dalam hati.
                Aku melihat rumah Tante Flora sangat besar. Sepertinya dia orang kaya. Saat aku masuk ke dalam, barang-barangku langsung di bawa masuk dan Tante Flora memberikan aku dan ayahku segelas teh hangat.
                “Silahkan di minum, kalian pasti capek,” kata Tante Flora. Aku segera meminumnya. Setelah ayahku pulang aku bertanya kepada Tante Flora.
                “Tante kamarku ada di mana?” tanyaku.
                “Ha, kamar? Tuh tidur aja di gudang. Jangan harap kamu akan tidur di kamar yang bagus,” jawab Tante Flora.
                Aku kaget dan Tante Flora menjewerku sambil berkata, “Cepat masuk ke gudang sana!” kata Tante Flora. Aku langsung di dorong ke dalam gudang.
                Keesokan harinya aku tetap bangun jam empat dan ingin pergi bersenam pagi. Saat itu Tante Flora bangun dan memarahiku.
                “Untuk apa kamu bersenam pagi? Tidak ada gunanya. Mendingan kamu segera sapu dan pel seluruh rumah ini sampai bersih. Setelah itu segera masak makanan yang enak. Kalau tidak, kamu tidak akan saya antar ke sekolah.”
                Aku kaget mendengar ucapan Tante Flora, “memangnya aku pembantu apa di suruh-suruh? Lagian kan rumah Tante sangat besar. Akukan cuman mau bersenam pagi saja dan pergi ke sekolah. Masa tidak boleh?”
                Setiap hari aku hanya makan satu piring nasi dan bergadang tiap malam untuk menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan Tante Flora. Setiap hati Tante Flora selalu berkata, “ kamu itu enak ya, makan dan tidur gratis di sini, jadi kamu harus menjadi pembantu di sini. Mengerti?”
                Aku bingung, padahal tiap bulan ayahku selalu mengirimkan uang untuk Tante Flora dan bahkan uang jajanku pun di ambil. “Mau menelepon orang tua tidak boleh, mau ke sekolah tidak boleh, mau istirahat tidak boleh, mau minta uang jajan tidak boleh, semua tidak boleh, harus kerja, kerja, dan kerja,” keluhku.
                Selama setahun lebih, aku di siksa dan di suruh-suruh layaknya pembantu. Padahal, menurutku pembantu beneran tidak akan di siksa seperi ini. Karena di siksa terus, sekujur tubuhku penuh dengan luka.
                Akhirnya, setahun berlalu. Orang tuaku kembali ke Indonesia. Aku marah dan benci kepada orang tuaku. Saat mereka menjemputku pulang, aku tidak ingin pulang.
                “Ayolah nak, kita pulang! Maafkan kami, karena meninggalkanmu di sini, “ kata ibuku menangis dan memelukku.
                Ibuku melihat sekujur tubuhku penuh dengan luka. Ibuku kaget dan memarahi Tante Flora, ” Kamu ya, bukannya menjaga anakku, malah menyiksanya. Akan aku laporkan ke polisi.”
                Ayahku langsung menelepon polisi. Begitu melihat polisi, Tante Flora langsung kabur. Tetapi akhirnya Tante Flora berhasil di tangkap dan di penjara selama tiga tahun. Aku di paksa pulang oleh ayahku. Aku marah kepada kedua orang tuaku, sehingga aku tidak mau menatap mata kedua orang tuaku.
                Malam hatinya, aku bermimpi, orang tuaku meninggal karena kecelakaan saat mereka pergi ke kantor. Aku menangis sejadi-jadinya. Karena kedua orang tuaku telah tiada dan Tante Flora di penjara, sedangkan paman dan bibiku di luar kota. Aku menjadi anak jalanan. Aku langsung terbangun dan menangis tersedu-sedu. Aku baru menyadari, kalau orang tuaku sangat berharga.
                Pagi harinya, pukul empat aku bangun, membereskan tempat tidurku, dan langsung mandi. Setelah selesai, aku berteriak, “Ibu, Ayah!”
                Aku langsung memeluk mereka. Ayahku bertanya, “Ada apa? Kamu sudah tidak marah lagi kan? Maafkan...,” aku langsung memotong pembicaraan ayahku dan berkata, “bukan kalian yang harus minta maaf, tapi aku. Maafkan aku, Ibu, ayah!” Ayah dan Ibu menganggukkan kepala. Aku langsung berteriak, “Aku selalu sayang Ibu dan Ayah! Selamanya!”



Cerpen pertama yang ku tulis sendiri. Ini di buat tahun 2012, saat aku masih mengenakan rok biru. Cerita ini berhasil membawa ku ke posisi ke dua di lomba cerpen yang di selenggarakan majalah sekolahku, warta Seraphine.

No comments:

Post a Comment